Apa itu Telnet dan SSH ?

Sekilas Tentang Telnet

       Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet di gunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. standar port telnet adalah 23. Otentikasi ke mesin server dan setelah itu segeralah kita mendapatkan shell mesin tersebut, dan dapat menjalankan perintah seperti halnya berada pada depan mesin tersebut.

            Koneksi Telnet dapat terjadi ke mesin lain di suatu ruangan, satu kampus, bahkan di seluruh dunia. Setelah terkoneksi, input yang di berikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remot computer tadi. 

        Telnet menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server (telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh computer yang menghasilkan pelayanan tadi.

       Telnet mempunyai kelemahan yang bisa dikatakan cukup besar, yakni mentransmisikan data dengan modus clear teks. cukup mudah sekali untuk menangkap paket-paket yang ditransmisikan telnet, dan tidak perlu didekrip. dan pada akhirnya masalah ini keluar, telnetpun mulai ditinggalkan.

Sekilas Tentang SSH

            SSH (secure shell) sama halnya dengan telnet, digunakan untuk memasuki mesin jaringan, namun SSH mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah dapat digunakan untuk mengkopi file secara terenkrip.

           Terenkrip disini maksud nya semua data yang didapatkan dari server itu dikodekan misalnya A=1 / B=2 /1=!/2=@. Hal tersebut merupakan kelebihan dari ssh, sebelum paket ditransmisikan maka paket akan dienkrip terlebih dahulu. Proses itupun dilakukan oleh kedua pihak, klien dan server. port default pada SSH yaitu 22 .

           Protokol SSH mendukung otentikasi terhadap remote host, yang dengan demikian meminimalkan ancaman pemalsuan identitas client lewat IP address spoofing maupun manipulasi DNS. Aplikasi seperti Telnet tidak menggunakan enkripsi sedangkan SSH dilengkapi dengan enkripsi.

Kesimpulan :
Telnet itu data yang di transmisikan cepat tapi tidak aman bisa juga informasi yang didapatkan bocor ke orang lain .

SSH itu data yang di transmisikan cepat tapi  AMAN dan informasi yang didapatkan TIDAK bisa bocor ke orang lain karena telah Dikodekan (ter-enkripsi).

Sumber:
WIKIPEDIA 

erwan-tk.blogspot.com
meilinsaranghaebutterfly.blogspot.com



Title: Apa itu Telnet dan SSH ?
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Riza

1 comments:

membantu gan, thanks gan !!